Sinopsis Film “The Wave”di Ambil dari Kisah Nyata Tsunami di Norwegia

CEK FAKTA: Tsunami Aceh 2004 Disebabkan oleh Ledakan Nuklir Bawah Laut -  Pikiran Rakyat Indramayu

Cast-eu.org – The Wave merupakan film bertema tsunami besutan sutradara Roar Uthaug yang diangkat dari kisah nyata bencana di Norwegia pada 1934.

Film yang dirilis pada 2015 ini sempat diajukan oleh Norwegia untuk nominasi Academy Award ke-88 dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. The Wave menggambarkan peristiwa runtuhnya celah Åkerneset di Møre og Romsdal yang menciptakan longsoran salju hingga mengakibatkan tsunami setinggi 80 meter.

Cerita film ini bermula saat ahli geologi Kristian Eikjord (Kristoffer Joner) sedang menikmati hari terakhirnya bekerja di Geiranger, Norwegia, sebelum pindah ke Stavanger bersama keluarganya.

Hari itu, ia menemukan kalau sensor yang diletakkan di gunung menunjukkan air tanah telah menghilang. Namun, Kristian tetap bergegas menunggu feri bersama anak-anaknya, sementara istrinya, Idun (Ane Dahl Torp), bekerja beberapa hari lagi di hotel. Saat di perjalanan, Kristian seakan mendapatkan pencerahan.

Kristian memutuskan untuk kembali ke pusat geologi, meninggalkan anak-anaknya Sondre (Jonas Hoff Oftebro) dan Julia (Edith Haagenrud-Sande) di dalam mobil.

Bersama Jacob (Arthur Berning), Kristian menuju gunung dengan helikopter dan menemukan kabel sensor telah putus. Mantan bos Kristian, Arvid (Fridtjov Såheim), setuju untuk menetapkan status siaga, tapi tak membunyikan alarm evakuasi.

Kristian pun masih santai dan mengabulkan permintaan putrinya untuk tinggal di rumah mereka satu malam lagi.

Malam harinya, ia meninjau dokumen lama yang menunjukkan kalau fenomena yang terjadi sebelumnya mengindikasikan longsoran salju yang akan datang. Menyadari bahaya yang akan datang, Kristian segera menelepon ke pusat geologi untuk memerintahkan evakuasi dan membunyikan alarm tsunami.

Namun, bencana rupanya datang lebih dulu daripada perkiraan Kristian. Beberapa saat kemudian, longsoran salju mulai terlihat dari atas gunung. Apakah keluarga Kristian dan penduduk Geiranger sempat menyelamatkan diri sebelum tsunami menerjang?

Leave a Comment