SBN Ritel: Instrumen Investasi Aman dan Dijamin Negara

Investasi SBN Ritel Cocok Nih buat Kaum Rebahan

Cast-eu.org – Meski investasi kini jadi tren di masyarakat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulainya.
Seperti menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai, menganalisis profil risiko, dan mengetahui jenis instrumen yang tepat.

Hindari mengikuti jalan orang lain, sebab tiap individu mempunyai tujuan dan profil risiko yang berbeda.

Bila Anda baru pertama kali memulai investasi, salah satu jenis instrumen yang tepat adalah Surat Berharga Negara (SBN) Ritel.

Instrumen investasi ini diterbitkan oleh pemerintah. Nantinya, SBN akan dibeli oleh investor sehingga negara bisa mendapatkan dana yang digunakan pemerintah untuk membiayai anggaran negara alias APBN.

Ya, para investor seolah meminjamkan sejumlah uang kepada negara untuk biaya pembangunan. Meski begitu, jangan khawatir, karena instrumen investasi ini aman karena dijamin pemerintah, sehingga bukan termasuk jenis investasi bodong.

Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan membeli SBN, di antaranya:

  1. Memberikan keuntungan pasti

Saat berinvestasi di SBN Ritel, para investor akan menerima hasil investasi berupa kupon atau tingkat imbalan dengan nilai tetap, sesuai dengan perjanjian pada awal pembelian.

Uniknya, meski kupon dihitung berupa persentase selama setahun, investor akan mendapatkan hasil investasi yang langsung masuk ke rekening setiap bulan. Jadi, besaran kupon per tahun yang dijanjikan di awal dibagi dengan 12 bulan.

  1. Memberikan potensi keuntungan tambahan

Selain mendapatkan keuntungan tetap, beberapa produk SBN Ritel juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Itu artinya, investor memiliki potensi mendapatkan tambahan keuntungan dari selisih harga beli awal dengan harga jual.

Beberapa produk SBN Ritel yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder yaitu ORI (Obligasi Negara Ritel) dan SR (Sukuk Ritel).

  1. Mendukung pembangunan negara’

SBN Ritel termasuk surat berharga karena merupakan pernyataan utang pemerintah kepada masyarakat. Dana dari investor SBN Ritel akan digunakan untuk membantu membiayai APBN, salah satunya untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur tanah air.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel, Anda telah berkontribusi membangun negara dan turut serta mengurangi ketergantungan negara kepada investor asing.

  1. Dapat dibeli secara online

Selain aman karena dijamin negara, SBN Ritel juga bisa dibeli secara online. Para calon investor cukup membuka website resmi mitra distribusi yang telah bekerja sama dengan pemerintah, melengkapi data yang dibutuhkan, dan dapat langsung melakukan transaksi.

Pembayarannya pun bisa dilakukan di ATM, teller bank, maupun internet banking.

Leave a Comment