Erick Tohir Merevisi Direksi BUMN Pelabuhan, Dari Pelindo I Sampai IV

Ada Sinergi BUMN Pelabuhan! Ini Rencana Aksinya Tahun Ini - Ekonomi  Bisnis.com

Cast-eu.org – Menteri BUMN Erick Thohir kembali merombak pengurus perusahaan negara. Kali ini ke semua BUMN pelabuhan mulai dari PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo II (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero).

Perombakan dilakukan serentak pada Senin (15/3) sore. Adapun jajaran yang diganti mulai dari direktur hingga direktur utama.

Erick Thohir Rombak Pelindo I, Ada Dirut Baru

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Senin lalu, Erick mencopot Dani Rusli Utama dari jabatan Direktur Utama PT Pelindo I dan digantikan dengan Prasetyo.

“Benar ada pergantian. Digantikan dengan Pak Prasetyo,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo I Basuki Soleh saat dihubungi kumparan.

Pergantian Dani Rusli terbilang cepat, sebab dia baru diangkat Erick menjadi orang nomor satu di Pelindo I pada Juni 2020 atau kurang dari setahun. Sementara Prasetyo sebelumnya merupakan Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I.

Dengan diangkatnya Prasetyo menjadi Dirut Pelindo I yang baru, jabatannya terdahulu diisi oleh Joko Noerhudha. Selain itu, posisi direktur lainnya masih sama.

Selain Pelindo I, Erick Juga Ganti Dirut Pelindo III

Selain Pelindo I, Erick Thohir juga mengganti Dirut Pelindo III dengan memberhentikan U. Saefudin Noer. Sebagai ganti, Boy Robyanto ditunjuk sebagai dirut definitif.

Sebelumnya, Boy menjabat sebagai Direktur Teknik Pelindo III. Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto membenarkan pergantian direksi di Perseroan. Selain itu, Kementerian BUMN melakukan rotasi jabatan direksi.

“Kemarin dilakukan penyerahan SK dari Kementerian BUMN. Pergantian yang dilakukan adalah Direktur Utama,” kata Edi

Direktur Pelindo II dan IV Pun Ikut Diganti

Sementara di Pelindo II dan IV, Erick hanya mengganti posisi direktur. Perombakan dilakukan untuk posisi Direktur Keuangan di Pelindo II dan Direktur SDM di Pelindo IV.

Untuk Pelindo II, posisi Direktur Keuangan IPC yang sebelumnya dijabat Yon Irawan selama periode 2020-2021, diganti oleh Mega Satria.

Sementara untuk Pelindo IV, Erick mengangkat Ady Sutrisno sebagai direktur SDM, menggantikan M. Asyhari yang wafat pada 10 Januari 2021. Ady sebelumnya merupakan GM PT Pelindo IV Cabang Terminal Petikemas Makassar.

Leave a Comment