Berikut Ini Alasan Mengapa Catalonia Ingin Memisahkan Diri Dari Spanyol

Berikut Ini Alasan Mengapa Catalonia Ingin Memisahkan Diri Dari Spanyol

cast-eu.org – Berbicara klub sepak bola Spanyol Barcelona, rasanya tak bisa lepas dari wilayah Catalonia. Wilayah yang jadi markas El Barca ini adalah bagian dari Spanyol.

Namun, mayoritas warga wilayah otonomi khusus itu ingin melepaskan diri dari Spanyol. Ini seolah jadi hal yang tak pernah usai. Bahkan, sempat menimbulkan ketegangan tersendiri.

Dalam sejarahnya, Catalonia adalah wilayah independen Semenanjung Iberia. Berlokasi di antara Spanyol dan Portugal Dilansir berbagai sumber, saat perang suksesi Spanyol pimpinan Raja Philip IV berakhir dengan kekalahan Valencia pada 1707, beberapa waktu kemudian lahirlah Spanyol contemporary.

Berikut Ini Alasan Mengapa Catalonia Ingin Memisahkan Diri Dari Spanyol

Para raja mencoba memberlakukan bahasa dan undang-undang Spanyol di wilayah itu, namun tentu saja hal itu tak pernah mulus. Catalonia terus bergejolak, Terjadi pemberontakan untuk memisahkan diri dari Spanyol. Puncaknya pada 1938, ketika diktator Spanyol, Jenderal Francisco Franco membantai 3.500 milisi separatis Catalonia.

Sikap bengis Franco membuat upaya pemisahan diri Catalonia nyaris tak terdengar. Ketika Franco lengser, pada 1977, Catalonia diberi otonomi khusus yang lebih luas. Kelompok separatis pun semakin leluasa mengkampanyekan kemerdekaan.

Pada Juli 2010, Mahkamah Konstitusi di Madrid mengesampingkan sebagian dari undang-undang otonomi tahun 2006. Undang-undang ini menyatakan bahwa tidak ada dasar hukum yang mengakui Catalonia sebagai sebuah negara di Spanyol.

Berikut Ini Alasan Mengapa Catalonia Ingin Memisahkan Diri Dari Spanyol

Di wilayah berpenduduk 7 juta jiwa ini, rakyat Catalonia hampir keseluruhannya mendukung partai kanan jauh, Merging and also Union (CiU), yang dipimpin Presiden Catalonia, Artur Mas. Untuk menjadi sebuah negara berdaulat, sebenarnya Catalonia tak kurang satu apa pun.

Catalonia adalah salah satu daerah terkaya, menyumbang 18,8 persen GDP Spanyol. Sementara Madrid hanya 17,6 persen. Menurut perhitungan OECD, Catalonia bisa menghasilkan produk domestik bruto sebesar United States 314 miliar buck AS kalau jadi merdeka.

Ekonomi Catalonia dinilai bisa lebih besar dari Portugal, bahkan Hong Kong PDB per kapita akan menjadi 35.000 buck AS. Ink akan membuat Catalonia lebih kaya daripada Korea Selatan, Israel, atau bahkan Italia. Kontribusi Catalonia terhadap ekonomi Spanyol juga disebut dua kali lipat dari Skotlandia ke Inggris.

Leave a Comment