Beberapa Manfaat Jaringan 5G Akan Terasa di Hidup Manusia

Jakarta – Internet dikenal orang di seluruh dunia sebagai sistem yang mampu menyajikan berbagai kebutuhan manusia yang bisa didapat bahkan hanya dengan sentuhan. Semua pengalaman menggunakan internet tersebut, bisa menjadi lebih indah dengan kehadiran 5G.

Teknologi 5G kini menjadi suatu hal yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Jaringannya menawarkan kecepatan internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Kehadiran 5G juga akan membuka peluang dan pengalaman baru bagi sekstor bisnis. Belum lagi, jaringan internet super cepat ini juga bisa dimanfaatkan untuk teknologi kecerdasan buatan seperti mobil tanpa pengemudi, robot, hingga pengawasan untuk kebutuhan keamanan.

Tak hanya untuk produktivitas industri, jaringan 5G juga akan meningkatkan pengalaman menggunakan internet sehari-hari. Berikut manfaat jaringan 5G yang akan sangat terasa di hidup manusia.

Streaming film dan video tanpa nge-lag

Salah satu karakteristik 5G ialah memiliki kecepatan download dan upload data yang jauh lebih cepat dibanding pendahulunya. Otomatis hal tersebut akan membuat aktivitas penggunaan internet tidak terganggu karena internet yang stabil.

Oleh karena itu, pengguna bisa streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan sangat mulus dan tidak ada lag.

Cloud gaming latensi rendah

Latensi jaringan internet 5G sangatlah rendah dibandingkan teknologi sebelumnya. Ini merujuk pada jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantarann data dari pengirim ke penerima. Jadi, semakin tinggi jeda waktu, semakin lambat penerima menerima respons.

Kecepatan data jaringan 5G bisa mencapat 10 Gbps dan punya latensi yang sangat rendah. Hal ini memungkinkan konsumen bisa menikmati layanan cloud gaming.

Cloud gaming memungkinkan sebuah game komputer, PlayStation 4, hingga Xbox One, mampu dimainkan langsung secara real-time di perangkat mobile macam smartphone. Oleh sebab itu, teknologi ini butuh kecepatan konektivitas data yang tinggi dan stabil, seperti yang ditawarkan jaringan internet mobile 5G.

Kualitas video call lebih lancar dan jernih

Sama seperti streaming film, komunikasi lewat video call menjadi salah satu kebutuhan penting saat ini. Sekarang, 4G LTE memungkinkan pengguna seluler melakukan panggilan video atau video call di smartphone. Namun dengan jaringan 5G, konsumen dapat memaksimalkan pengalaman video call.

Oppo menjadi salah satu produsen smartphone yang telah melakukan uji coba untuk memperlihatkan kemampuan video call di jaringan 5G. Perangkat yang dipakai adalah smartphone Oppo Reno 5G yang mendukung modem X50. Hasil uji berjalan lancar dengan video call berlangsung selama kurang lebih 3 menit.

Terhubung dengan berbagai perangkat IoT

Teknologi 5G dapat membantu meningkatkan penerapan teknologi Internet of Things (IoT). Jaringan ini bisa membuat setiap perangkat menjadi pintar dan terhubung dengan internet.

Contoh dari IoT adalah bagaimana suatu perangkat robotika bisa bergerak berkat terhubung dengan internet dan menjalankan fungsinya. Jika sebuah ponsel sudah mendukung jaringan 5G, maka perangkat tersebut akan bisa terhubung ke banyak perangkat sekaligus.

Semua kemampuan 5G tersebut bisa kamu nikmati dengan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G, seperti Oppo Reno 5 5G. Kemampuan teknologi 5G bisa hadir dalam perangkat tersebut berkat prosesor Qualcomm Snapdragon 765G.

Chipset tersebut tidak hanya mampu menyokong performa smartphone, tapi juga menawarkan keberlanjutan pemakaian yang lebih baik karena telah mendukung jaringan 5G.

Hingga saat ini, konektivitas tersebut saat ini masih dikunci oleh Oppo di Reno 5 5G karena regulasi yang mengatur soal internet mobile penerus 4G LTE di Indonesia belum juga terangkum. Namun, jika telah dikomesialisasi jaringan 5G, kamu bisa langsung menikmatinya di HP tersebut.

Leave a Comment